Bagaimana Cara Mencari Seorang ‘Co-Founder’?

Banyak orang melakukan hal-hal seperti ini: Anda mempunyai ide bisnis yang bagus, tapi belum tahu bagaimana caranya membangun sebuah produk. Atau, Anda mempunyai kemampuan teknologi yang matang, tapi ada kelemahan dalam kemampuan berbisnis. Dalam beberapa hal, Anda sedang mencari seorang co-founder yang bisa membantu Anda untuk membangun sebuah bisnis. Masalahnya yang sering dihadapi adalah Anda belum tahu bagaimana caranya memulai proses tersebut.

Perusahaan-perusahaan sukses biasanya memulai dari bawah hingga meraih kesuksesan, dengan upaya dan kerja keras yang dilakukan oleh dua orang. Mungkin banyak orang mengenali satu founder sebagai innovator atau sang pencipta sesuatu, akan tetapi hal ini membutuhkan tim untuk membuat usaha baru. Seorang co-founder membutuhkan persamaan dan perbedaan untuk mencapai kesuksesan. Inilah hal-hal dasar yang Anda harus tahu dari seorang co-founders:

  • Visi:

Memiliki visi perusahaan membantu co-founder untuk bagikan intuisi yang sama pada bagaimana startup dan pasar akan berkembang. Jika Anda mencari perusahaan global dengan uang miliar dolar, sementara co-founders Anda berpikir sudah cukup untuk membuat perusahaan sederhana yang bisa membayar tagihan, Anda sudah pastinya dikelilingi dengan orang-orang yang tidak tepat. Anda dan co-founders Anda harus berjalan pada satu visi agar mencapai tujuan tertinggi.

  • Komitmen:

Seorang founder harus bagikan komitmen dengan timnya. Apakah startup, keluarga, atau hidup pribadi harus diprioritaskan? Hal ini sulit untuk membangun startup ketika seorang founder mempunyai prioritas yang berbeda. Ada satu founder menginginkan bekerja dua tahun dan membalikkan startup untuk dijual cepat dan ingin ciptakan perusahaan yang dapat mengurangi angka permasalahan. Idealnya, carilah orang-orang atau sebuah tim yang dapat berkomitmen penuh untuk bekerja dengan Anda terlepas dari keadaan.

Seperti yang sudah dibicarakan tadi, ada pentingnya juga jika Anda dan co-founder Anda mempunyai kemampuan dan pola pikir yang berbeda agar dapat menghadapi tantangan-tantangan sulit seperti ini:

  • Keahlian:

Paling tidak, sebuah startup memerlukan setidaknya satu orang untuk membangun sebuah produk (Steve Wozniak) dan satu orang untuk memasarkan produk tersebut (Steve Jobs). Seorang founder harus berikan komplemen pada satu sama lain dalam membangun sebuah organisasi.

  • Perspektif (Pola pikir):

 

Mempunyai pola pikir yang berbeda tentu berikan dorongan tambahan untuk startup. Beberapa orang suka dengan hal-hal detail, sementara yang lain suka mengabaikan detail dan lebih khawatir tentang isu-isu besar. Mempunyai perspektif yang berbeda dalam metode lama versus baru, orientasi desain versus orientasi fitur, dan masih banyak lagi tentunya untuk membantu berkembangnya perusahaan. Startup sukses memerlukan perspektif yang berbeda-beda di setiap co-founder agar berhasil.

Jangan buru-buru untuk mencari para co-founder. Mereka bisa jadi berasal dari teman-teman baik Anda sendiri, kenalan lama yang Anda pernah temui di acara reuni, atau orang baru yang Anda baru kenal pada saat acara networking. Anda mempunyai pilihan yang banyak sekali di dunia ini. Mencari seorang co-founder akan menjadi hal kedua yang paling penting di dalam hidup Anda. Jadi, lakukanlah dengan cermat dan benar, seakan-akan Anda hanya bisa diberikan waktu untuk melakukannya sekali saja.

 

Ditulis oleh Danny Widodo (KONSAATO)

Diterjemahkan oleh Afi Integritya (KONSAATO)

————————-

Freeware Spaces is one of the first and pioneer CoWorking Space in Jakarta Selatan, Indonesia. Founded in 2012 and managed under GRUPARA INC (a technology startup investment institution/venture capital) to gather and help promising entrepreneurs to work and socialize together in order to reach their peak potential by sharing experiences and knowledge.

Started as a free working space for entrepreneurs and now have more commercial value because of the community that we have established.

FREEWARE has helped and facilitated more than 200 entrepreneurs throughout the years. 70% of the companies have raised investments from $15,000 to $6 Million from Venture Capitals throughout Asia.

Held sharing sessions by speakers & mentors from all over the world and other entrepreneurial events as well.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s