5 Hal Yang Kamu Harus Lakukan Ketika Memulai Tech Startup di Jakarta

Mari kita coba luruskan: membangun sebuah tech startup tentunya bukan suatu hal yang mudah apalagi memulai di negara berkembang seperti Indonesia. Ada beberapa faktor yang salah satunya harus dipertimbangkan sebelum menempatkan 100 persen komitmen pada startup Anda. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah bagaimana dan dimana Anda ingin memulainya. Berikut ini ada 5 hal yang Anda harus perhatikan ketika memulai tech startup di Indonesia:

 

  • Selalu Bertanya “MENGAPA”?

 

Mengapa orang-orang masih melakukan hal itu ketika mereka bisa melakukan hal ini? Mengapa hal itu terjadi di Indonesia?

Akan lebih baik jika mulai bekerja pada produk yang Anda bangun, Anda harus tahu bahwa orang-orang akan membutuhkannya. Ada banyak permasalahan-permasalahan yang tidak terhingga di dunia ini dimana membutuhkan ide-ide inovatif untuk membuat pekerjaan lebih baik dan cepat. Indonesia mempunyai masalah tersendiri.

Tujuan utama adalah selalu menanyakan “Mengapa?” adalah untuk menentukan penyebab suatu permasalahan. Akan tetapi, tidak semua permasalahan mempunyai satu sebab. Kuncinya ialah untuk mendukung Anda menghindari asumsi-asumsi dan perangkap logika daripada mencari rantai permasalahan tersebut.

Coba pikirkan Anda kembali ke masa kecil, dimana Anda selalu menanyakan ribuan pertanyaan kepada orang tua dan guru sekolah Anda, mereka setia menjawab dan Anda selalu menanyakan alasannya untuk setiap jawaban tersebut.

Jadi untuk memulai sesuatu, Anda harus terus bertanya “Mengapa?” pada diri sendiri hingga Anda mendapatkan penyebab sebenarnya dari situasi tertentu.

  1.   Uji dan Validasi!

Meskipun keluarga dan teman-teman Anda berpikir bahwa produk Anda adalah produk yang dapat tembus pasar, masyarakat umum belum tentu sependapat tentang produk Anda. Ketika memulai sebuah bisnis dengan harapan mendapatkan keuntungan dan berkelanjutan, Anda bisa lakukan survei dan riset pasar. Uji produk atau servis pertama Anda dan cari tahu jika orang-orang membutuhkan apa yang Anda berikan kepada mereka sebelum Anda melakukan investasi pada tabungan Anda.

Kita sering memulai bisnis dengan beberapa pilihan yang layak dan opsi-opsi yang berharga, salah satunya bisa jadi favorit Anda. Ketika bisnis sudah beroperasi beberapa bulan, dan sesuatu sudah berjalan dengan mulus, identifikasi satu hal yang bisa berjalan untuk Anda dan publik yang sudah dukung, dan coba untuk fokus pada hal tersebut. Mungkin bukan menjadi hal favorit yang Anda kerjakan, akan tetapi jika banyak suara sudah berbicara, ikuti jejak mereka.

  1.   Membuat Kesalahan

Tidak melakukan kesalahan adalah hal yang harus dilakukan di sebuah perusahaan. Rata-rata di kantor perusahaan, hal apapun harus sangat diatur dan sangat diperiksa. Anda tidak mau melakukan satu kesalahan. Bahkan dengan pertumbuhan perusahaan akan berbeda dengan startup dan perusahaan besar. Di lingkungan perusahaan, Anda mungkin mencoba untuk meningkatkan pendapatan Anda sebanyak 10 persen dari tahun lalu. Akan tetapi, di dunia startup, Anda ingin menggandakan angka pendapatan setiap bulannya.

Jakarta adalah kota yang penuh dengan ketidakpastian, dan Anda terikat untuk melakukan kesalahan ketika sedang meraih tujuan yang tinggi. Anda dapat mencoba dan melakukan kesalahan-kesalahan tersebut. Ya tentu, ada yang bisa merasa berkecil hati ketika mendapatkan hasil yang tidak diinginkan. Akan tetapi sebagai wirausaha, membuat kesalahan adalah hal yang biasa. Kesalahan-kesalahan ini adalah sebagai tanda Anda telah bekerja keras dan mempelajari hal-hal baru. Pelajari hal-hal tersebut dan lanjutkan!

  1.   Mengatur Dana & Legalitas

Rata-rata perusahaan startup berpikir mereka bisa menunggu hingga mereka menjadi perusahaan besar sebelum membutuhkan legalitas dan rencana keuangan. Ini bukan langkah yang bijaksana!

Jangan menunggu. Dapatkan ahli keuangan dan hukum untuk memastikan tidak ada celah yang bisa mengganggu Anda di tengah jalan. Diskusi kemitraan dan perjanjian potensial adalah daerah lain dimana Anda harus melihat nasihat dari para ahli hukum, khususnya ketika ada teman atau kenalan yang terlibat. Atau siapapun, dalam hal ini.

  1.    Membangun Koneksi Dengan Sekitar

Untuk mendapatkan nama dan produk diluar sana, Anda harus coba untuk keluar dan mulai bertemu dengan orang-orang yang bisa membantu Anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah datang ke acara networking, konferensi, atau bahkan mulai bekerja dari coworking space agar bisa dekat dengan orang-orang yang sepikiran. Bangun jaringan Anda dan bertemu dengan mentor bisnis secara teratur. Ini adalah salah satu cara untuk menyelamatkan bisnis Anda. Belajarlah dari orang-orang yang sudah mengalami hal-hal tersebut, dan taklukkan!

freeware_coworking_spaces_networking_3

Memposisikan Anda berada di coworking space memberikan keuntungan yang sangat bagus. Tidak hanya membangun jaringan orang-orang baru, tetapi selama waktu berjalan, Anda dapat memulai hubungan lebih dalam dan berarti yang dimana dapat membantu bisnis Anda dengan cara membagikan pengalaman dan ilmu. Dan coworking space ini tentunya adalah tempat yang Anda inginkan ketika memulai sebuah bisnis!

 

Pastikan Anda dalam keadaan siap untuk sesuatu yang beresiko tinggi, tapi dengan penghargaan yang tinggi juga. Tanyakan pada diri Anda jika sudah setuju dengan menjalankan bisnis tanpa pendapatan untuk melihat visi yang bisa menjadi kenyataan. Dengan rasa optimis, Anda akan menghadapi tantangan dan hambatan, jadi bersiaplah untuk menghadapi hal-hal seperti ini!

 

 

Ditulis oleh Danny Widodo (KONSAATO)

Diterjemahkan oleh Afi Integritya (KONSAATO)

————————-

Freeware Spaces is one of the first and pioneer CoWorking Space in Jakarta Selatan, Indonesia. Founded in 2012 and managed under GRUPARA INC (a technology startup investment institution/venture capital) to gather and help promising entrepreneurs to work and socialize together in order to reach their peak potential by sharing experiences and knowledge.

Started as a free working space for entrepreneurs and now have more commercial value because of the community that we have established.

FREEWARE has helped and facilitated more than 200 entrepreneurs throughout the years. 70% of the companies have raised investments from $15,000 to $6 Million from Venture Capitals throughout Asia.

Held sharing sessions by speakers & mentors from all over the world and other entrepreneurial events as well.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s